Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Arab yang Cocok untuk Oleh-Oleh

Makanan Khas Arab yang Cocok untuk Oleh-Oleh

Setiap tahunnya, begitu banyak umat muslim yang berangkat untuk menunaikan ibadah umroh maupun ibadah haji. Ketika akan pulang dari tanah suci, tentu para jemaah ingin membawakan oleh-oleh khas Arab Saudi untuk diberikan kepada keluarga tercinta dan kerabat di rumah.

Tak jarang oleh-oleh yang dibawakan berupa perangkat sholat, aksesoris, pakaian hingga makanan khas Timur Tengah. Namun, kebanyakan orang memilih oleh-oleh berupa makanan khas dimana di tempat asal jarang sekali ditemukan penjualnya. Sehingga, keluarga dan kerabat di rumah bisa mencicipinya makanan khas arab juga.

Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui apa saja sih makanan khas Arab Saudi yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh? Jika belum tahu, simak ulasan berikut ini yuk!

Makanan Khas Arab yang Cocok untuk Oleh-Oleh

1. Kurma

Kita semua sama-sama tahu, jika buah kurma menjadi buah khas Arab. Buah kering manis ini selalu menjadi incaran utama para jemaah ataupun wisatawan ketika sedang berkunjung ke Arab. Begitu banyak jenis kurma yang ditawarkan, namun kebanyakan orang selalu mengincar Kurma Ajwa.

Kurma Ajwa maupun jenis-jenis kurma lainnya bisa Anda dapatkan di Pasar Kurma Madinah. Lokasi ini terkenal sebagai tempat membeli kurma dengan harga yang murah di kota Madinah. Lokasinya pun hanya berada sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi.

2. Kacang Arab

Biasanya makanan yang satu sudah dibuat satu paket dengan kurma dan air zam-zam, jadi untuk menemukan camilan yang satu ini cukup mudah. Kacang yang dikenal dengan sebutan chickpea ini tak sekeras jenis kacang-kacangan yang lain, oleh sebab itu banyak orang yang mengonsumsi kacang Arab sebagai camilan.

3. Lokum

Lokum merupakan manisan khas Arab Saudi yang berbahan dari gula dan gel pati sebagai bahan-bahan utamanya. Ada juga lokum yang memanfaatkan bahan tambahan lain seperti pistachio, kurma, walnut,hingga hazelnut.

Lokum termasuk salah satu makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Arab Saudi, karena makanan ini menawarkan rasa yang beragam dan bentuknya yang unik.

4. Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan selain chickpea yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Arab Saudi. Pedagang almond dapat Anda temukan di sekitar Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi. Disana, para jemaah bisa membeli kacang almond yang sudah dikupas kulitnya maupun yang belum. Harga yang ditawarkan pun sangat ramah dikantong.

5. Buah Tin

Buah Tin merupakan salah satu buah yang dikenal sebagai salah satu nama surat di Alquran. Buah ini sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW serta memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan, anti bakteri, membentuk sel darah merah, dan masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Biasanya buah tin yang ditemui di pasar-pasar traditional Arab sudah dikeringkan dan dikemas. Sehingga lebih praktis untuk dijadikan oleh-oleh makanan khas Arab.

Oh iya, jika Anda berniat membeli oleh-oleh makanan khas Arab, namun kebingungan karena masalah kuota kapasitas barang bawaan di pesawat, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang sudah ada jasa ekspedisi pengiriman barang dari arab saudi ke indonesia dengan proses yang mudah dan cepat.

Nah, itulah beberapa pilihan Makanan Khas Arab yang Cocok untuk Oleh-Oleh. Selamat berbelanja!