Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Disinfektan untuk Membunuh Kuman dan Virus

Macam-Macam Disinfektan

Dalam kondisi pandemi seperti ini, tentu setiap penghuni rumah harus lebih menjaga kebersihan agar kesehatan bisa lebih terjaga. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan setelah bersih-bersih area yang sering dilalui.

Upaya dalam menjaga kebersihan memang perlu dilakukan secara ekstra untuk bisa menekan resiko penularan yang mungkin saja terjadi. Karena virus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dimana mereka bertebaran bebas di udara.

Sebelum menggunakan disinfektan, ada baiknya mengetahui beberapa macam disinfektan yang biasa digunakan untuk membunuh kuman dan virus.

Macam-Macam Disinfektan untuk Membunuh Kuman dan Virus

1. Klorin

Klorin merupakan salah satu unsur kimia yang terjadi secara alami dan tersebar di bebatuan bumi dan terkonsentrasi di lautan asin. Klorin digunakan untuk mensterilkan air minum dan mendisinfeksi kolam renang. Untuk membuat disinfektan dengan klorin yaitu cukup dengan mencampurkan empat sendok teh pemutih klorin biasa dengan satu liter air.

2. Isopropil Alkohol

Disinfektan ini terbuat dari hidrasi propilen tidak langsung (CH2CHCH3). Isopropil alkohol merupakan jenis disinfektan yang paling umum digunakan di perusahaan farmasi, rumah sakit, dan ruang kebersihan. Zat yang terkandung pada isopropil alkohol disinyalir lebih beracun daripada etanol, namun ia memiliki lebih sedikit efek kering pada kulit.

Isopropil alkohol bisa dijadikan disinfektan yang efektif untuk virus dalam konsentrasi 70 persen. Hal ini karena alkohol dengan kadar 70 persen merupakan kadar terbaik untuk membunuh virus dan mikroorganisme yang ada di permukaan.

3. Hidrogen Peroksida (H202)

Hidrogen Peroksida (H202) merupakan zat kimia berbentuk cairan bening tidak berwarna dengan tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan air biasa. Hidrogen peroksida merupakan desinfektan yang stabil dan efektif untuk beragam mikroorganisme, bakteri, kuman dan virus seperti covid-19.

4. Sabun

Menggunakan sabun dan air berfungsi untuk membersihkan serta mengurangi jumlah kuman sehingga bisa mengurangi terjadinya infeksi. Penggunaan sabun untuk membunuh kuman harus diterapkan dengan rutin dan bilas dengan air mengalir selama 20 detik.

Sedikit informasi yang mungkin Anda perlukan bagi yang tinggal di Bogor, Anda bisa menggunakan jasa semprot disinfektan bogor yang sudah ahli dalam bidangnya. Dengan menggunakan jasa ini, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan aktivitas lainnya.

Sudah banyak pelanggan yang menggunakan jasa penyemprotan disinfektan dari Fumida ini. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera memesan jasa layanannya. Semoga kita semua selalu sehat dan pandemi bisa cepat berlalu.